RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

JURUSAN FISIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

 

  1. A. IDENTITAS MATKULIAH
    1. Matakuliah                                        : Pengembangan Bahan Ajar Fisika
    2. Sandi                                                 : FIP 442
    3. Kredit/jam semester                          : 3/4
    4. Mahasiswa Sasaran                           : S-1 Prodi Pendidikan Fisika
    5. Kelompok/Sifat Matakuliah             : MKB/wajib
    6. Matakuliah Prasayarat                      : Kapita Fisika Sekolah
    7. Nama Dosen Pengampu                   :  Sentot Kusairi, M. Si.

 

  1. B. STANDAR KOMPETENSI

Mahasiswa mampu mengembangkan dan mendesain bahan ajar fisika SMP/SMA

 

  1. C. KOMPETENSI DASAR
  2. Menjelaskan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar
  3. Menjelaskan kerangka dasar kurikulum dan komponen KTSP
  4. Menganalisis kompetensi dasar pada standar isi KTSP
  5. Mengenali karakteristik silabus pembelajar
  6. Mengenali karakteristik RPP
  7. Menjelaskan dimensi pengetahuan dan dampaknya terhadap pembelajaran
  8. Menjelaskan dimensi proses kognitif dan dampaknya terhadap pembelajaran
  9. Menganalisis KD dengan menggunakan tabel taksonomi
  10. Menjabarkan KD menjadi indikator pembelajaran

10.  Memilih bahan ajar fisika

11.  Membuat peta konsep untuk penyusunan bahan ajar

12.  Menganalisis miskonsepsi pada bahan ajar

13.  Menentukan lingkup kedalaman dan keluasan bahan ajar

14.  Mengembangkan LKS

15.  Menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar

16.  Menjelaskan teknik penyusunan modul

17.  Mengembangkan bahan ajar fisika

18.  Menjelaskan bahan ajar fisika dalam praktek pembelajaran

 

 

 

  1. D. RINCIAN KEGIATAN
Pertemuan ke/Tgl No KD Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Tugas Terstruktur
1 Pendahuluan, rencana perkuliahan
2 1 Prinsip pengembangan bahan ajar
  • Menelaah prinsip pengembangan bahan ajar fisika
  • Menjabarkan langkah-langkah pengembangan bahan ajar
 

 

3 1 KTSP
  • Diskusi KTSP
  • Menjabarkan kerangka  dan komponen kurikulum
Membuat Rangkuman KTSP
4 2 Karakteristik Kompetensi dasar pada standar isi KTSP
  • · Mengidentifikasi KD pada standar isi
  • · Diskusi karakteristik KD pada mata pelajaran fisika
5 3 Pengenalan Silabus
  • · Diskusi contoh silabus pembelajaran fisika dan fungsinya
  • · Mengenali komponen dan karakteristik silabus
 
6 4 Pengenalan RPP
  • · Diskusi contoh RPP fisika dan fungsinya
  • · Mengenali komponen dan karakteristik RPP
  • · Membagi KD pada standar isi sesuai jumlah mahasiswa (1 KD/mahasiswa)
 
7 5 Dimensi Pengetahuan dan dimensi proses kognitif

 

  • · Diskusi dan menganalisis salah satu KD menjadi dimensi pengetahuan dan proses kognitif
  • · Menganalisis KD masing-masing
Menganalisis KD masing-masing berdasarkan dimensi pengetahuan

dan dimensi proses kognitif

8 6 Dampak dimensi pengetahuan dan Proses Kognitif  pada KD terhadap terhadap pembelajaran
  • · Mempresentasikan hasil analisis KD
  • · Diskusi dan refleksi hasil analisis yang dipresentasikan
  • · Diskusi dampak dimensi pengetahuan dan Proses Kognitif  pada KD terhadap terhadap pembelajaran
9 7 Analisis KD dengan Tabel Taxonomy
  • · Diskusi cara menganalisis KD dengan tabel taksonomi dan kaitannya dengan indikator
  • · Menganalisis KD dengan tabel taksonomi
Menganalisis KD dengan tabel taxonomy
10 8 Penyusunan Indikator pembelajaran
  • · Menganalisis contoh indikator pembelajaran
  • · Diskusi teknik merumuskan indikator
Merumuskan  Indikator pembelajaran sesuai KD masing-masing
11 8 Penyusunan Indikator pembelajaran
  • · Mempresentasikan rumusan indikator yang telah disusun
  • · Diskusi dan refleksi rumusan indikator yang dipresentasikan
12 9 Pemilihan Bahan Ajar
  • · Diskusi teknik memilih bahan ajar  yang sesuai dengan KD dengan menggunakan buku ajar
 
13 9 Pemilihan Bahan Ajar
  • · Diskusi kelompok memilih bahan ajar fisika sesuai SK dan KD
 
14 10 Peta konsep
  • · Menganalisis contoh peta konsep
  • · Diskusi teknik menyusun peta konsep
Menyusun Peta Konsep sesuai KD masing-masing
15 10 Peta konsep
  • · Mempresentasikan peta konsep yang telah disusun
  • · Diskusi dan refleksi peta konsep yang dipresentasikan
16 11 Miskonsepsi pada bahan ajar fisika
  • · Menganalisis contoh konsep dan miskonsepsi pada bahan ajar fisika
  • · Diskusi teknik menghindari terjadinya miskonsepsi pada bahan ajar fisika
17 12 Penentuan lingkup kedalaman dan keluasan bahan ajar
  • · Menganalisis kedalaman dan keluasan bahan ajar berdasarkan KD pada buku sekolah
18 12 Penentuan lingkup kedalaman dan keluasan bahan ajar
  • · Diskusi teknik menentukan kedalaman dan keluasan bahan ajar yang sesuai dengan KD
19 13 LKS yang menumbuhkan kemampuan berpikir siswa
  • · Menganalisis contoh LKS
  • · Membandingkan LKS yang dicetak penerbit
  • · Diskusi tentang karakteristik LKS yang menumbuhkan kemampuan berpikir
  • · Membuat LKS
Menyusun LKS sesuai KD masing-masing
20 13 LKS yang menumbuhkan kemampuan berpikir siswa
  • · Mengevaluasi dan merefleksi kemajuan penyusunan LKS
  • · Membuat LKS
21 14 Media pembelajaran Diskusi cara menentukan dan menggunakan media pembelajaran sesuai dengan LKS dan karakteristik bahan ajar
22 15 Kaidah Penulisan Modul

 

Diskusi sistematika dan teknik penulisan modul  
23 16 Pengembangan bahan ajar fisika
  • · Membuat bahan ajar fisika
  • · Diskusi kemajuan proses pembuatan bahan ajar
  • · Mengevaluasi dan refleksi penulisan bahan ajar

 

Menyusun bahan ajar fisika untuk 1 KD
24 16 Pengembangan bahan ajar fisika
25 16 Pengembangan bahan ajar fisika
26 16 Pengembangan bahan ajar fisika
27 16 Pengembangan bahan ajar fisika
28 16 Pengembangan Evaluasi Bahan Ajar fisika Diskusi cara membuat kisi-kisi soal, butir soal dan kunci jawaban sesuai dengan dimensi pengetahuan dan proses kognitif
29 17 Fisika Sekolah (SMP/SMA) Menyajikan bahan ajar fisika

Peer evaluation

Menyusun bahan ajar fisika untuk 1 topik
30 17 Fisika Sekolah (SMP/SMA) Menyajikan bahan ajar fisika

Peer evaluation

31 17 Fisika Sekolah (SMP/SMA) Menyajikan bahan ajar fisika

Peer evaluation

32 Refleksi dan evaluasi Perkuliahan Diskusi dan mengisi angket  
UJIAN AKHIR SEMESTER

 

  1. EVALUASI
  2. Diskusi dan Partisipasi pembelajaran (10%) = X1
  3. Penyusunan Indikator Pembelajaran (10%) = X2
  4. Penyusunan Peta Konsep (15%) = X3
  5. Pengembangan LKS (10%) = X4
  6. Penulisan Bahan Ajar (30%) = X5
  7. Penyajian Bahan Ajar (10%) = X6
  8. Ujian Akhir semester (15%) = X7

 

Nilai Akhir = X1 + X2 + X3 + X4 + X5 + X6+ X7

 

  1. KEPUSTAKAAN
  2. Anderson, LW dan Krathwohl, DR., 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Addison Wesley Longman Inc.
  3. Yuliati, l & Purwaningsih, E. 2008. Modul Pengembangan Bahan Ajar Fisika. Jurusan Fisika FMIPA UM
  4. Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas
  5. Arends, A. I. 2004. Learning to Teach. New York: McGraw-Hill
    1. Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan Mata Pelajaran Fisika SMP/SMA
    2. Buku ajar fisika SMP dan SMA